

Beberapa waktu lalu kita sempat di hebohkan oleh adanya pemberian fasilitas mobil dinas bagi menteri dan pejabat tinggi lainnya. Muncul berbagai pro dan kontra mengiringi pembagian jatah tersebut tak terkecuali di kalangan para menteri dan pejabat itu sendiri. Ada yang belum tahu (pura-pura enggak tahu), ada pula yang langsung bilang akan menolak tetapi ada pula yang merasa harus menerima , karena faktor birokrasi atasan dan bawahan. Tapi sebelum kita menilai lebih jauh kita cek dulu yuk se-MEWAH apa sih mobil yang fotonya dah terpampang di atas.
Toyota Crown Royal Saloon ini sekelas dengan BMW Seri 5 (530), Mercedes E-Class, dan Audi A6 (dari Jerman). Di Jepang, kompetitornya adalah Honda Legend dan Nissan Fuga.
Dalam keluarga Crown yang terdiri dari 5 varian dengan kasta tertinggi adalah Century kemudian Majesta, Crown Athlete, Royal termasuk standar sedan paling bawah. Crown Athlete adalah sedan mewah dengan penampilan sporty.
Crown yang dipasarkan sekarang adalah generasi ke-13. Mobil ini dibuat pertama kali pada 1955 dan merupakan sedan tertua yang masih diproduksi oleh Toyota sampai sekarang. Di Jepang, Crown dirancang sebagai taksi. Namun pada 1950-an, Crown mulai diekspor ke Amerika Serikat, sementara di Indonesia sudah dikenal sejak 1970-an.
Royal Crown 2009 adalah sedan mewah canggih dan terlengkap di kelasnya. Di Jepang, mobil ini ditawarkan dengan dua versi mesin, yaitu V6, 2,5 liter dan V6, 3,0 liter. Crown buat para menteri adalah versi yang terakhir.
Di negara asalnya, mobil ini dilengkapi dengan sistem navigasi satelit 3D yang dikendalikan oleh G-BOOK. Fitur khas ini hanya dimiliki Crown.
Dengan fitur tersebut, peredaman suspensi bekerja secara otomatis sesuai dengan kondisi permukaan jalan. Misalnya, jika ada lubang atau jalan bergelombang, maka peredam suspensi akan berubah. Begitu juga ketika membelok. Pengemudi tak perlu repot menekan tombol. Inilah kehebatan teknologi yang disebut Toyota dengan VDIM atau Vehicle Dynamics Integrated Management.
Bahkan, perpindahan gigi bisa diatur sendiri. Komputer mobil akan mengaktifkan efek pengereman mesin ketika mendekati gerbang tol. Radar yang digunakannya sangat presisi dan bisa mengukur sampai ke tingkat milimeter. Konsumsi bahan bakarnya, diklaim Toyota, mencapai 11,8 km/liter.
Di Jepang, mobil ini juga dilengkapi night vision system yang mendeteksi pejalan kaki melalui kamera inframerah jarak dekat. Tambahan lain adalah intelligent parking assist system untuk membantu pengemudi agar mudah parkir dengan berbagai posisi. Utamanya parkir sejajar! Bahkan, pengemudi diberi tahu lewat suara, besarnya putaran setir. Tapi, apakah jatah menteri sehebat ini
Dibawah ini tabel Fitur Toyota Crown Royal Saloon
Optitron Combination Control Untuk kesempurnaan pandangan, jarum penunjuk di speedometer dan tachometer sebagai alat pengukur berada pada posisi horizontal ketika mobil belum melaju. Tampilan yang sangat informatif mampu menyediakan berbagai informasi selama berkendara dan terintegrasi ke dalam suatu bagian pengukuran
Negative ion generator Konsep kemewahan modern Crown merupakan bukti dalam hal keistimewaan yang sudah lebih berkembang seperti ion negatif pembangkit tenaga listrik untuk menyegarkan ruang kabin, dimana terdapat di bagian depan petunjuk yang berada di atas kepala
Audio System with 6 CD auto changer + 8 speaker Tingkat kesenyapan tinggi kabin mampu menciptakan lingkungan sempurna untuk menikmati sistem audio berkelas yang merupakan integrasi dari 6 disc auto-changer radio AM/FM, kaset dan 8 speaker
Centre front arm rest with console box Penutup dari console box di tengah mampu membuat posisi tangan di mobil terasa nyaman. Didalamnya, terdapat 2 tingkat penampan yang dapat bergeser untuk meletakkan benda-benda yang kecil
40/20/40 split rear seats Kekuatan kursi belakang memiliki pembagian 40/20/40. Kemampuan penyesuaian kursi bagian belakang dapat dinaikkan maupun diturunkan mencapai maksimun 11 derajat.
Rear centre arm rest Tempat tangan bagian belakang yang dapat dilipat memberikan akses untuk mengatur perubahan kursi belakang, audio dan sistem pendingin dan jendela belakang, tempat minuman dan tempat penyimpanan serta stopkontak DC-12 V
Cool Box Alat sentuh lain adalah kotak pendingin yang terintegrasi dibelakang tempat tangan bagian belakang yang menarik udara dingin dari unit pendingin udara bagian belakang untuk mendinginkan sampai dengan 5 kaleng berisi 350 ml
Adjustable Reading Lamp Lampu baca yang bisa disesuaikan terintegrasi di pusat atap kabin bagian belakang yang dapat diposisikan untuk kenyamanan individual ketika membaca di kursi belakang
Rear auto air conditioning Kipas untuk sistem pendingin bagian belakang diletakkan diatas kursi bagian belakang. Sistem ini termasuk pemurni udara dengan fungsi menghilangkan bau dengan sistem fotokatalistis
Sun Shade (Rear Glass) Penghalang matahari di kaca bagian belakang menambahkan kenyamanan penumpang dengan langsung menghalangi sinar matahari yang datang langsung dari belakang. Secara otomatis akan menarik kembali ketika persneling berubah mundur
Wide Trunk Tutup bagasi pada mobil membuka secara luas sehingga memudahkan akses ke tempat barang. Terdapat ruang luas di bagasi untuk membawa berbagai macam barang yang Anda butuhkan untuk menikmati perjalanan jauh seperti pada saat akhir pekan.
WOW hebat kan.....apalagi harganya yang konon mencapai Rp.1.3M..pajaknya saja kabarnya di berada di kisaran Rp.63M keatas (untuk semua mobil). Angka yang sangat2 fantastis...itu sih bukan mobil mewah tapi super,super,super muuuueeewah banget.
"Loh kita ini kerjanya dari jam 6 pagi dan sering pulang malam hingga jam 22.00 ke atas...belum lagi klo harus ke luar kota" begitu bela salah seorang menteri yang akan menerima mobil dinas super mewah tersebut. Mendengar jawaban tersebut saya jadi berpikir" Apa mereka ini sudah merasa begitu pantas menerima fasilitas semewah itu....?". Mungkin saja para menteri merasa harus menerima karena kendaraan itu merupakan kendaraan wajib yang di berikan oleh atasan mereka yaitu MR.PRESIDEN. Apakah di hati kecil mereka tidak menyadari bahwa sebagian besar rakyat seperti kita ini teriris dan tersayat melihat keyataan itu, dimana para pemimpin yang seharusnya bisa mengayomi kita malah bermanja-manja dengan fasilitas yang super mewah. Mungkin kalau Indonesia ini adalah perusahaan dan profitnya sudah besar bolehlah bermanja-manja seperti itu...tetapi klo di ibaratkan perusahaan Indonesia ini sudah bangkrut dari dulu karena utangnya yang ribuan trilyun itu...itu baru pokoknya di tambah bunganya jadi berapa T(hitung dewe de...). Cobalah lihat sekitar kita , masih banyak rakyat kecil yang berpikir besok mau makan apa..?. karena memang penghasilannya hanya cukup untuk makan hari itu saja...masih banyak anak2 yang putus sekolah, meskipun slogan pemerintah "sekolah gratis" kenyataanya tiap bulan masih saja di tarik iuran yang alasannya macam2...masih banyak sekolah2 pinggiran yang gedungnya mau roboh ato mungkin dah pada roboh separuhnya tetapi pihak sekolah belum ada biaya untuk memperbaiki "anggaran dari pusat belum turun" jawab kepala sekolah dengan wajah yang pasrah...
Bandingkan saja dengan malaysia, dengan pendapatan perkapita yang hampir 4 kali lipatnya perdapatan perkapita kita mobil dinas pejabatnya hanyalah mobil lokal buatan sendiri (proton) yang harganya gak ada setengahnya dari mobil dinas menteri yang sekarang ini.Bandingkan juga dengan India yang sama12 negara berkembang mobil dinas negara merekapun adalah mobil rakyat buatan lokal.....
Dengan melihat kenyataan ini apakah negara kita ini sudah pantas membagikan mobil dinas mewah kepada para menterinya...padahal mobil dinas menteri periode kemaren masih sangat2 layak untuk di pakai...Silahkan untuk menilainya guys...
0 comments:
Post a Comment